Press "Enter" to skip to content

Tangkal Radikalisme, PMII Majalengka Gelar Dialog

MAJALENGKA – Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Kabupaten Majalengka menggelar Dialog Interaktif “Islam Rahmatan Lil Alamin solusi Menangkal Faham Radikalisme”. Dialog diselenggarakan pada (28/2) di Gedung KNPI Kabupaten Majalengka sekaligus melantik Pengurus Komisariat PMII Universitas Majalengka 2015-2016. Acara dialog dihadiri ratusan orang dari berbagai unsur kemahasiswaan, pelajar jug amasyarakat umum.

Narasumber dialog, Dr. H. Ojun Sarjoun dari Kementrian Agama Kabupaten Majalengka mengatakan Radikalisme bukanlah sebagai solusi dalam berjihad, menegakkan islam yang rahmatan lil alamin tentunya dibarengi dengan aqidah sebagai pondasinya.

“Akar radikalisme ini muncul kan karena adanya buku-buku yang memberikan pemahaman yang setengah-setengah pada para pelajar, berawal dari sejarah masa lalu, tidak terpenuhinya hak- hak ideologi sehingga melemahnya pemahaman kita tentang secara utuh,” katanya.

Sementara AKP Susilo dari Polres Majalengka menambahkan diera globalisasi ini faham radikalis susah untuk dibendung dan tentunya para pelajar, mahasiswa dan masyarakat sebagai kepanjang tanganan dari pada pihaknpenegak hukum untuk melaporkan apabila ada kelompok masyarakat yang radikal dan mengatasnamakan agama segera laporkansehingga kami langsung bertindak menanganinya karena dari beberapa kejadian yang sudah terjadi seperti Bom bunuh diri dan lainnya bisa diminimalisir.

Narasumber lain, Dr. H Abu Sihabudin (Akademisi Universitas Majalengka) mengatakan ada beberapa faktor yang bisa menangkal faham radikal khususnya dikalangan pelajar dan mahasiswa karena yang kita ketahui beberapa kelompok radikal sudah merasuk ke DKM Kampus dan Sekolah salah satunya melakukan penelitian secara intens dan efektif untuk memberikan pemahaman pada masyarakat tentang islam secara utuh, menyebarluaskan ilmu yang tidak setengah-setengah dan tentunya aktif dalam mewarnai kehidupan organisasi kampus atas dasar rahmatan lil alamin.(Aris Prayuda/Maq)

Baca Juga  Refleksi Hari Pahlawan

Tinggalkan Komentar

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *