Press "Enter" to skip to content

RSNU Gelar Operasi Katarak Gratis

1422103546

JOMBANG – Sebanyak 297 warga yang mengalami gangguan kekeruhan pada lensa mata atau katarak mengikuti operasi di Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RSNU) Jombang. Operasi gratis yang digelar RSNU, Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng (SLPT) dan INTI, serta A New Vision Singapura ini akan berlangsung hingga 25 Januari mendatang.

“Total yang mendaftar ada sebanyak 1000 orang, namun setelah dilakukan screening yang layak untuk dioperasi sebanyak 297 orang, karena mereka harus menjalani tes dulu sebelum dioperasi,” ujar Minan Rahman Kepala Bagian Umum dan Kepegawaian RSNU Jombang, Jumat (22/1) kemarin.

Para pasien, katanya, tidak hanya berasal dari kabupaten Jombang, tetapi juga dari luar daerah seperti Bojonegoro, Kediri, dan Surabaya. Kegiatan bakti sosial operasi katarak seperti ini sudah dilakukan RSNU sebanyak 3 kali. “Untuk operasi Katarak kali ini kita melibatkan 4 dokter spesialis mata, tenaga medis dari A New Vision,” tandas Minan.

Minan mengakui antusiasme masyarakat untuk mengikuti operasi katarak sangat besar. Dengan jumlah pasien yang cukup banyak, operasi kemungkinan akan dilakukan hingga tanggal 25 mendatang. Untuk melakukan operasi, pasien mesti menjalani tes penglihatan, tensi darah, dan mendapat tetes sebelum masuk ruang dioperasi.

“Operasinya sendiri membutuhkan waktu sekitar 15 menit lah untuk setiap pasien. Jadi kemungkinan satu hari sekitar 100 orang pasien,” tuturnya.

Hadir pada kegiatan operasi katarak kemarin Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko, Wabup Hj Jombang Mundjidah Wahab, Komandan Korem 082 Mojokerto,  Kolonel CZI Suparjo, Komandan Kodim 0814 M Haidir, Kapolres AKBP Ahamd Yosep Gunawan, Ketua DPRD Joko Triono.

“Kegiatan seperti ini sangat membantu pemerintah Kabupaten Jombang dalam mewujudkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat. Terima kasih karena dengan operasi katarak gratis ini masyarakat saya kembali bisa menikmati penglihatannya,” tutur Bupati saat membuka kegiatan. (Muslim Abdurrahman/Mahbib)

Baca Juga  Ini Dia 5 Kampus Terbaik Dunia 2015

Sumber: nu.or.id

Tinggalkan Komentar

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *