Press "Enter" to skip to content

PMII Bolmong Dorong Reforma Agraria

PMII Bolmong mengkaji reforma agraria di Café Korot, pada Selasa (28/10). Mereka mengamati sepuluh tahun terakhir arus modal yang menggerakkan sejumlah perusahaan pertambangan di Bolaang Mongondow.

Anggota DPRD Kota Mogabu Danil Ikbal Mokoginta mendukung sepenuhnya kajian strategis PMII seperti ini. “Investasi asing begitu kuat di Mongondow dalam satu dekade terakhir. Ini terbukti dengan bergeraknya perusahaan tambang PT Avocet dan PT JRBM,” kata Danil.

Aktivis agraria Harmoko Mando mendukung PMII untuk fokus bergerak pada isu reforma agrarian. “Sebab reforma agraria merupakan akar kedaulatan pangan rakyat. Jangan sampai aktivitas pertambangan merusak ketahanan pangan rakyat,” kata Mando.

Semntara Ketua PMII Bolmong Supriono Paputungan, menyambut baik masukan dari sejumlah pihak. Menurut Supri, Sumpah Pemuda yang menyatakan kesatuan tanah air mengandung mandat kepada generasi muda saat ini bahwa tanah seharusnya dipergunakan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat.

“Tugas PMII adalah memastikan hal tersebut diterjemahkan dalam kebijakan Pemkab Bolaang Mongondow,” tegas Supri.

Diskusi tentang reforma agraria ini merupakan prawacana dari kegiatan nasional PMII Bolmong, Studi Reforma Agraria dan Konsolidasi Gerakan Agraria PMII se-Indonesia. (Muhajir La Janudin/Alhafiz K)

Baca Juga  Kemendes Perbarui Data Survey Potensi Desa

Tinggalkan Komentar

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *