PMII Bekali Mahasiswa Baru Hadapi Perkuliahan

SURABAYA – Memasuki tahun ajaran baru, pengurus komisariat PMII Sepuluh Nopember ITS mengadakan pelatihan gerak mahasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa baru. Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari ini sejak Sabtu, (15/8) hingga Senin, (17/8), berhasil menarik minat mahasiswa baru ITS, PENS maupun PPNS.

Dalam acara pembekalan hari pertama, terdapat tiga sesi. Sesi pertama adalah bagaimana cara Bertransformasi dari Siswa Menjadi Mahasiswa, materi ini disampaikan oleh Dr Agus Zainal Arifin Skom Mkom, salah satu dosen Teknik Informatika ITS yang juga pembina dari PMII Sepuluh Nopember maupun CSSMoRA ITS.

Sesi kedua diisi oleh Zahra S. Arfenti, Mawapres ITS. Dalam sesi ini, ia memaparkan kiat bagaimana menjadi mahasiswa yang berprestasi. Menurutnya prestasi mahasiswa tidak  hanya dalam hal akademis saja, masih ada berprestasi di non akademis semisal PKM. Selain itu, dirinya juga menjelaskan tentang bagaimana cara mengelola waktu, bagaimana cara mencari tim PKM atau keilmiahan lain, bagaimana cara membuat life-mapping dan masih banyak lagi lainnya.

Sesi ketiga merupakan sesi sharing antara peserta dengan anggota PMII Sepuluh Nopember yang berhasil menorehkan berbagai prestasi. Dalam sesi ini ada lima anggota yang membagikan pengalamannya dan tips bagaimana prestasinya berhasil menghampirinya. Mereka yang berlima adalah Mutawalli Alfin, Rizki Mendung, Iklil Muna, Misbahul Munir dan Deni Setiawan.

Dalam sesi ini ternyata mampu menarik minat dari peserta untuk menanyakan berbagai hal. Salah satunya adalah bagaimana cara menjadi penghafal Al-Qur’an. “Kuncinya adalah istiqomah,” ujar Rizki Mendung kepada para hadirin.

Tidak hanya angkatan 2015 saja, pelatihan ini ternyata mampu menarik minat dari angkatan lain, ada dari 2014 bahkan ada salah seorang peserta yang berasal dari angkatan 2012. Menurut salah satu peserta 2014, Rizal, “Pelatihan yang sangat recommended banget buat para mahasiswa dan atau calon mahasiswa,” ungkapnya pada panitia.

Baca Juga  Sektor Maritim, Kepentingan Bangsa Jauh Kedepan

“Tidak hanya ilmu tapi juga motivasi yang mampu menjadikan siswa menjadi mahasiswa yang rahmatan lil alamin,” imbuhnya mahasiswa jurusan TMJ ITS 2014 itu.

300x250
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someone

Tinggalkan Komentar

Satu tanggapan untuk “PMII Bekali Mahasiswa Baru Hadapi Perkuliahan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *