Pesantren Peringati Maulid Nabi dengan Tanam Pohon

JOMBANG – Pondok pesantren Ar-Rahmah Nglawan Senden, Peterongan, Jombang, melakukan penanaman pohon pada Senin (12/1). Penanaman pohon dilakukan dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Ratusan pohon ditanam yang terdiri dari pohon jati, sengon, trembesi, nangka, dan sirsak yang diperoleh dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Jombang.

 “Bersamaan dengan perayaan maulid Nabi Muhammad SAW, acara penanaman ratusan bibit pohon kami mulai Ahad lalu,” kata Kepala Sekolah SMK Ar-Rahmah Affandi seperti dikutip NU Online.

 Kegiatan penanaman pohon dilakukan bersama ratusan siswa dan siswi sekolah SMK Ar-Rahmah dan sejumlah santri. “Masing-masing bibit kami tanam di area sekitar pesantren dan sekolah,” lanjut Affandi.

Kegiatan penanaman pohon diawali dengan pembacaan shalawat oleh para santri, pimpinan pesantren dan guru.

Mereka terpanggil untuk aksi penanaman pohon karena kondisi iklim yang semakin tidak menentu. Antara musim penghujan dan kemarau sudah tidak menentu, belum lagi banyak musibah tanah longsor dan kekeringan yang menimpa sebagian daerah.

Oleh karena hal yang perlu untuk dilakukan adalah menyelamatkan lingkungan dengan menanam sebanyak mungkin pohon yang bisa menjaga ekosistem yang ada. “Paling tidak kita bisa mengingatkan mereka bahwa tugas menjaga kelestarian alam harus menjadi tanggungjawab bersama,” pungkas Affandi. (Syaifullah)

300x250
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someone
Baca Juga  KOPRI Se-Tapal Kuda Tanam Pohon

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *