Penghargaan Bintang Sembilan Maha Cipta Pergerakan

Maha Cipta Pergerakan adalah salah satu Penghargaan Bintang Sembilan oleh PB PMII, yang diberikan kepada para pendiri PMII. Penghargaan tersebut diberikan pada puncak Hari Lahir PMII ke 55 di Surabaya, Jumat (17/4). Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Umum PB IKA PMII, Ahmad Muqowam. Penerima penghargaan tersebut antara lain:

A Chalid Mawardi

Ia dikenal sebagai politisi ulung. Yang telah menduduki berbagai jabatan pemerintahan. A Chalid Mawardi juga masih aktif di Nahdlatul Ulama. Menjadi salah satu pendiri PMII, ia juga merupakan ketua kaderisasi PB PMII angkatan pertama.

KH Nuril Huda

Pria ini adalah sosok yang berkomitmen untuk berdakwah melalui organisasi tanpa pamrih. Berasal dari keluarga pesantren Darul Ulum Sugio, lahir pada 17 Agustus 1938 Masehi. Sosok yang terus membela PMII di manapun hingga saat ini.

Munsif Nakhrawi

Salah satu pendiri PMII ini adalah mahasiswa NU perwakilan Yogyakarta. Ia juga merupakan pengurus pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) angkatan pertama. Ia adalah putra dari KH. Nachrowi Thohir dan Ibu Hj. Rukayah, pendiri Madrasah Mualimin Jagalan Malang.

M Sobich Ubaid

M Sobich Ubaid adalah salah satu Mahasiswa NU asal Jakarta. Ia terpilih menjadi salah satu tim perumus berdirinya PMII.

MakmunSyukri

Pendiri PMII satu ini pernah menempuh perkuliahan di Bandung. Pria asal tasikmalaya ini merupakan anak Kiai Sukri yang pernah menjadi ketua MUI Jawa Barat.

Hilman Badrudin Syah

Hilman Badrudin Syah berpulang ke Rahmatullah pada Kamis, 24 Mei 2012 silam. Pria asal bandung ini dikenal sebagai sosok yang gigih dalam berjuang. Ia adalah pendiri media Pikiran Rakyat.

Ismail Maki

Pria asal Sumenep Madura ini adalah salah satu yang dipercaya untuk mendirikan organisasi mahasiswa berbasis NU hingga terlahirlah PMII. Ia adalah mahasiswa NU yang menempuh pendidikan tinggi di Yogyakarta.

Baca Juga  Penghargaan Bintang Sembilan Maha Karya Pergerakan

Said Budairy

Pria ini lahir di Singosari Malang Jawa Timur, pada 12 Maret l936 Masehi. Pencipta logo PMII ini juga dikenal sebagai wartawan senior yang handal.

Laily Mansyur

Berasal dari Banjarmasin Kalimantan Selatan. Bersama KH Nuril Huda, ia adalah Mahasiswa NU dari Surakarta. Bersamanya pula mendirikan PMII bersama 11 pendiri lainnya.

Abdul Wahab Jaelani

Dipercaya merumuskan organisasi Mahasiswa NU dalam Konbes IPNU 1960, Pria asal Semarang ini dikenal sebagai sosok kiai dan politisi yang jujur dan tegas.

Hisbullah Huda

Sebagai salah satu pendiri PMII, pria asal Surabaya ini juga dipercaya menjadi salah satu dari pucuk pimpinan PMII yang pertama.

M Kholid Narbuko

Berdedikasi dalam melahirkan PMII. Ia adalah mahasiswa NU yang berasal dari Malang. Ia juga dikenal sebagai akademisi yang konsisten.

Ahmad Hussein

Pendiri PMII asal Makasar ini turut merumuskan dan mengemban tugas dalam mendirikan PMII. Ia adalah pendiri PMII yang pernah menempuh pendidikan tinggi di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta.(Poy)

300x250
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someone

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *