Press "Enter" to skip to content

Penghargaan Bintang Sembilan Abdi Karya Pergerakan

Penghargaan Bintang Sembilan Abdi Karya Pergerakan ini, diberikan kepada kader-kader terbaik Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Penghargaan oleh Pengurus Besar (PB) PMII tersebut diberikan, dalam rangka memperingati Hari Lahir PMII ke 55 di Surabaya, Jum’at (17/4).

Terdapat 12 kader terbaik yang mendapatkan penghargaan ini. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Aminuddin Ma’ruf, Ketua Umum PB PMII pada malam puncak Harlah PMII beberapa waktu lalu. Kader-kader terbaik tersebut antara lain:

Shaimoery Wignjo Soebroto

Shaimoery Wignjo Soebroto Lahir pada tanggal 1 Agustus 1930 di Tuban Jawa Timur. Generasi perintis PMII di kampus kerakyatan, UGM Yogyakarta ini pernah mendapatkan gelar Sutan Indra Kesuma. Walikota pertama dari kader PMII ini adalah pencipta Mars PMII bersama Mahbub Djunaedi.

 

Chotibul Umam

Pria asal Kudus yang lahir pada 7 Juni 1936 ini adalah pendiri PMII Ciputat. Ia adalah salah satu Pengurus Pusat PMII angkatan pertama. Akademisi ulung ini juga telah mendapatkan gelar Profesor Bahasa Arab.

Arief Mudatsir Mandan

Arief Mudatsir Mandan lahir di Jepara pada 11 November 1956. Ia mengabdika diri sebagai ketua umum PB IKA PMII hingga akhir hayatnya.

 

Khofifah Indar Parawansa

Wanita tangguh ini lahir di Surabaya, 19 Mei 1965. Keberanian dan kecerdasan yang ia miliki, menjadikan sosoknya sebagai politikus yang disegani di tanah air. Ketua Umum PP Muslimat NU, yang saat ini dipercaya sebagai Menteri Sosial RI.

 

Muhammad Hanif Dhakiri

Menteri Ketenagakerjaan ini lahir di Semarang, Selasa, 6 Juni 1972. Ia dikenal sebagai seorang aktivis – politisi muda yang aktif dalam berbagai kegiatan organisasi dan kemasyarakatan, serta produktif sebagai penulis buku.

 

Marwan Jafar

Sosok ini pernah dipercaya menjadi Ketua PMII Daerah Istimewa Yogyakarta. Ia lahir di Pati Jawa Tengah, 12 Maret 1972. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ini, dikenal sebagai sosok yang loyal dan komitmen terhadap perjuangan pesantren dan NU.

Baca Juga  PMII Bangkalan Aksi Tolak Revisi UU MD3

 

Imam Nahrawi

Imam Nahrawi lahir di Bangkalan, 8 Juli 1973. Ia adalah sosok yang sangat berdedikasi dan memiliki segudang aktivitas. Pernah menjabat sebagai Ketua PKC PMII Jawa Timur, yang saat ini dipercaya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga.

 

KH Hasyim Muzadi

KH Hasyim Muzadi dikenal sebagai tokoh Islam Indonesia, yang lahir di Bangilan Tuban, 8 Agustus 1944. Ia adalah Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) setelah Gusdur.

Wahiduddin Adams

Mantan Dirjen Peraturan dan Perundang-undangan Kementerian Hukum dan HAM ini lahir di Palembang, 17 Januari 1954. Perjalanan karirnya yang terus meningkat, telah membawanya menjadi Hakim Konstitusi Republik Indonesia saat ini.

Hasan Basri Agus

Pernah menjabat sebagai Bupati Sarolangun Jambi, pria kelahiran 31 Desember 1953 ini adalah mantan Ketua Eksternal PMII Cabang Jambi. Hingga saat ini, ia masih dipercaya sebagai Gubernur Jambi.

Juri Ardiantoro

Juri Ardianto pernah menjabat sebagai sekretaris PMII Jakarta Timur. Pria ini lahir di Brebes, 6 April 1973. Tercatat sebagai Komisioner Komisi Pemilihan Umum RI, ia adalah sosok yang dikenal sangat berkomitmen dan organisatoris.

Moh. Hasan

Sikap kepemimpinan moderat melekat kuat dalam gaya kepemimpinannya. Rektor Universitas Jember ini lahir di Kota Malang, 19 April 1964 ini, adalah Alumnus The University of Western Australia dan Wageningen University Belanda. Penghargaan yang pernah diraih Best Paper pada Indonesian Students Scientific Meeting (ISSM) in Europe, tahun 2001.(Poy)

Tinggalkan Komentar

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *