Press "Enter" to skip to content

Pemuda Harus Berperan Aktif dalam Pelestarian Budaya

YOGYAKARTA – Pelestarian budaya nusantara sangat perlu untuk terus dilakukan, karena budaya nusantara merupakan identitas bangsa Indonesia. Pemuda sebagai penerus bangsa harus berperan aktif dalam pelestarian budayanya. Demikian disampaikan Ketua Pengurus Rayon Pergerakan Mahasiswa Indonesia Humaiora Park dalam sambutannya pada acara gelar budaya nusantara pada Jum’at (20/2).

“Pemuda sebagai generasi penerus bangsa harus berperan aktif dan bertanggung jawab dalam melestarikan budaya yang dimiliki,” tutur Ibnu Hibban.

Acara tersebut dikemas dalam bentuk teater dengan tokoh-tokoh Satrio Jawa Punokawan yang diselingi berbagai tarian budaya tradisional.

Dien Ksatria Widhibrata, sutradara pagelaran menuturkan bahwa kegiatan ini bertujuan sebagai proses penyadaran terhadap pemuda yang terinfeksi penyakit global dan untuk mengingatkan kembali kebudayaan yang sudah terlupakan.

“Kegiatan ini merupakan sebuah kritik terhadap pemuda yang terbawa arus globalisasi sehingga melupakan kebudayaannya sendiri,” ungkapnya seusai acara.

Sementara itu salah satu penonton menyampaikan kegiatan ini cukup memberikan hal positif. Selain mempopulerkan kebudayaan Indonesia, juga sebagai media edukasi terhadap mahasiswa. “Kegiatan ini luar biasa, memberikan pemahaman kepada saya bahwa Indonesia begitu kaya akan budayanya. Saya selaku pemuda bangsa lebih mencintai budaya sendiri, memiliki kepedulian serta tanggung jawab untuk tetap menjaga dan melestarikannya,” ujar Fika, mahasiswa ilmu komunikasi UIN Sunan Kalijaga ini.(Hendris/Deuis/Maq)

Baca Juga  Maklumat Surabaya, IKA PMII Ajak Kembali ke NU

Tinggalkan Komentar

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *