Pekan Depan, Marwan Luncurkan Pendampingan Desa

JAKARTA – Jelang pencairan dana desa pada April nanti, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Marwan Jafar menegaskan akan segera melakukan seleksi terhadap kader pendamping desa yang bertugas mendampingi aparatur desa dalam menggunakan dana desa. Sehingga, realisasinya tetap sasaran dan bermanfaat untuk kemandirian desa.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar menegaskan akan melakukan Grand launching perekrutan kader pendamping desa pada 31 Maret 2015.

​ ​​​”Kader pendamping desa ini kepanjangan tangan pemerintah pusat. Jadi nanti yang akan melakukan perekrutan langsung dilakukan oleh pemerintah,” ujar Marwan, di Jakarta, Rabu (25/3).

Untuk menjadi kader pendamping desa, imbuh Marwan, tidak lah mudah. Kementerian akan menerapkan seleksi ketat untuk kader pendamping desa.

“Selain harus Sarjana, kader pendamping desa harus memiliki pengalaman dan keahlian khusus,” tandasnya.

Seleksi ketat yang dilakukan kementerian, menurut Marwan, bertujuan agar kader pendamping desa benar-benar bisa memberikan solusi dari berbagai persoalan yang ada di desa.

“Jangan sampai kader pendamping desa ini malah semakin membebani masyarakat desa,” imbuhnya.

Untuk empat bulan pertama, menteri Marwan menegaskan bahwa kementerian akan mempersiapkan minimal 16.000 ribu pendamping seluruh Indonesia.

“Kita persiapkan minimal seperti 16.000 Pendamping, kami berupaya lagi untuk menyisir anggaran untuk 32.000 pendamping, sehingga pendamping kecamatan bisa bertamabah agar lebih fokus,” ujarnya.(Riz)

300x250
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someone
Baca Juga  Rp. 9,2 Triliun Dana Desa Segera Dicairkan

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *