Press "Enter" to skip to content

PB PMII Gelar Tanam 1.000 Pohon di Hulu Sungai Citarum

Bandung – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) bersama Kodam III Siliwangi dan Artha Graha Peduli (AGP) melakukan penanaman 1.000 pohon di Hulu Sungai Citarum, Situ Cisanti, Kabupaten Bandung, Sabtu (14/4).

Kegiatan tersebut merupakan rankaian kegiatan Harlah ke-58 PMII yang dihadiri 300-an kader.

Menurut Ketua Umum PB PMII, Agus Mulyono Herlambang kegiatan ini merupakan implementasi dari Nilai Dasar Pergerakan (NDP). Yakni, habluminal Alam untuk merawat lingkungan dan alam.

“Ke depan, agenda ini akan dilanjutkan oleh cabang. Serta, hal ini bagian dari peran PMII dalam pemberdayaan dan komitmen merawat lingkungan dan alam,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Pelaksana Harlah ke-58 PMII, Ahmad Riyadi mengakui kondisi Sungai Citarum telah tercemari oleh berbagai limbah.

“Saat ini di daerah hulu Citarum, sekitar 500 pabrik berdiri dan hanya sekitar 20 persen saja yang mengolah limbah mereka,” jelasnya.

Hasil pemantauan yang dilakukan oleh 30 Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Propinsi Jawabarat pada tahun 2008 terhadap 35 sungai menunjukkan bahwa pada umumnya status mutu air sudah tercemar berat.

“Atas dasar itulah kami melakukan penanaman pohon 1000 pohon di Situ Cisanti. Serta ini sebagai kepedulian PMII terhadap lingkungan,” pungkasnya

Baca Juga  Indonesia Raih Juara Umum AUG XVII

Tinggalkan Komentar

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *