Press "Enter" to skip to content

Maklumat Surabaya, IKA PMII Ajak Kembali ke NU

maklumat surabaya

SURABAYA – Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Sepuluh Nopember (IKA PMII ITS) Surabaya mengajak PMII untuk kembali ke pangkuan Nahdlatul Ulama (NU). Pernyataan kembali ke NU dituangkan dalam “Maklumat Surabaya”.

“Hari ini kita ingin (PMII) kembali ke NU, dan kami mengajak seluruh kader dan alumni agar secara kelembagaan segera kembali menjadi bagian dari Jam’iyyah NU, itu komitmen kami,” kata Ketua Umum IKA PMII ITS, Rachmad Pudji dalam deklarasi di MWC NU Sukolilo, Surabaya, Ahad (1/2).

Maklumat Surabaya ditandatangani Ketua Umum IKA PMII ITS, Rachmad Pudji dan Ketua Tanfidziyah PCNU Surabaya, KH Ahmad Syaiful Chalim. Terdapat tiga poin dalam maklumat tersbeut.

Pertama, IKA PMII menyatakan untuk mematuhi dan mengikuti perintah dan fatwa ulama. Kedua, mengembangkan ajaran Islam ahlussunnah wal jamaah, pancasila dan mempertahankan keutuhan NKRI. Ketiga IKA PMII ITS mengajak seluruh kader dan alumni secara kelembagaan untuk segera kembali menjadi bagian dari Jam’iyyah NU.

Menurut Pudji, karena Muktamar NU ke-27 di Situbondo pada tahun 1984, NU menyatakan sikap ‘kembali ke khittah 1926. Sehingga, sejak saat itu secara tidak langsung PMII harus kembali menjadi bagian dari NU.(Maq)

Baca Juga  Hanif: PMII Hari ini, Pemimpin NU dan Bangsa Nanti

Tinggalkan Komentar

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *