Press "Enter" to skip to content

Konsolidasi Nasional Region DKI-Jakarta dan Banten

Sambutan Ketum Aminuddin Ma'ruf

SERANG – Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) menyelenggarakan Konsolidasi Nasional di Banten pada Sabtu-Minggu (6-7/12). Pembukaan Konsolnas dilaksanakan di Aula Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten, kemudian kegiatan dilanjutkan di Pondok Pesantren At-Taufiqiyyah, Baros, Kabupaten Serang.

Kosnsolnas di Banten merupakan rangkaian konsolidasi yang telah dilaksanakan oleh PB PMII, sebelumnya telah dilaksanakan di Sulawesi Utara dan Jawa Tengah. Konsolidasi di Banten dihadiri Pengurus Koordinator Cabang (PKC) dan Pengurus Cabang (PC) Se-DKI Jakarta dan Banten. Masing-masing delegasi terdiri dari unsur ketua, sekretaris, ketua internal dan ketua KOPRI serta unsur Pembina.

Kegiatan konsolidasi diisi dengan sosialisasi konstitusi dan sisitem kaderisasi. Konstitusi yaitu Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) hasil Kongres Jambi serta beberapa keputusan PB PMII. Sedangkan sistem kaderisasi merupakan rencana strategis hasil Rapat Kerja Nasional dan Keputusan PB PMII.

Ketua Umum PB PMII, Aminudin Ma’ruf mengungkapkan Konsolnas merupakan sinkronisasi penataan sistem kaderisasi serta reorientasi kader. Disinyalir beberapa tahun terakhir, kader-kader PMII mengalami disorientasi dalam berorganisasi. Salah satu contohnya adalah pelaksanaan Kongres yang selalu ricuh, lebih parahnya hal ini juga turun pada Konferensi Koordinator Cabang dan Konferensi Cabang.

Selain itu, Amin juga mengajak seluruh kader PMII untuk kembali kepada rel orientasi didirikannya PMII. Menyinggung hasil Munas dan Konbes NU yang meminta PMII untuk kembali menjadi Badan Otonom, hal ini bisa jadi kerana orang tua kita (NU) melihat PMII telah keluar dari orientasi organisasi yaitu pembumian Ahlussunah wal Jama’ah di kampus-kampus. Amin menegaskan, apa yang menjadi tujuan dan perjuangan NU, itulah tujuan dan perjuangan PMII. kembali atau tidaknya PMII menjadi Banom NU, tugas PMII tetap sama yaitu sebagai penjaga dan penerus Islam moderat ala NU.

Baca Juga  Lomba Paduan Suara PMII

Setelah di Banten, selanjutnya Konsolidasi akan dilaksanakan secara maraton di Jawa Timur, Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), Jawa Barat, Sumatera Bagi Utara (Sumbagut), Sulawesi, Kalimantan, NTB-NTT, Maluku dan Papua.

Tinggalkan Komentar

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *