Press "Enter" to skip to content

Ketua KOPRI Serang Dinobatkan Sebagai ‘Nong Persahabatan’ Banten

Kecintaannya akan budaya dan pengetahuannya tentang kedaerahan membawa perempuan berkulit putih, Maya Mauizatil Lutfillah, dinobatkan sebagai Duta Persahabatan dan Kebudayaan atau yang biasa disebut Nong Persahabatan Provinsi Banten tahun 2014. Maya yang juga menjabat sebagai Ketua Korp PMII Puteri Cabang Kota Serang tersebut, awalnya tidak mengira dirinya bisa mengalahkan peserta audisi yang memiliki wajah cantik, bakat yang luar biasa dan pengetahuan yang luas.

“Sejuta pesimis dalam diri saya, karena ketika audisi banyak peserta yang terlihat oke,” ujar Maya saat diwawancarai tim peliput pmii.or.id beberapa waktu lalu.

Selama enam hari dikarantina, Maya mengaku mendapatkan banyak ilmu tentang budaya Indonesia khususnya tentang Banten yang dikenal sebagai tanah jawara. Selama masa karantina dari tanggal 18 sampai 24 November, di Pisita Anyer, Kabupaten Serang para dewan juri mengadakan penilaian untuk menunjuk siapa yang layak untuk menjadi finalis. “Apa yang saya lakukan dari hal yang terkecil itu juga masuk penilaian. selain menerima materi selama karantina saya juga berlatih menari untuk di tampilkan di malam grand final yang diselenggarakan pada 23 November 2014 di Graha Pancasila Pandeglang,” tandasnya.

Setelah terpilih sebagai Nong Banten 2014, perempuan yang dilahirkan di Pandeglang pada tanggal 8 Februari 1993 ini akan menjalankankan tugasnya sebagai duta wisata dan kebudayaan Banten. Ia mengaku sangat tertarik terhadap kebudayaan dan pariwisata yang menurutnya perlu dilestarikan. “Yang ada dalam pikiran saya, kebudayaan ini adalah produk mahal yang harus dilestarikan kepada generasi selanjutnya. Melihat acuh tak acuh remaja saat ini terhadap kebudayaan adalah alasana saya kenapa saya tertarik terhadap kebudayaan ini,” ujarnya.

Sebagai aktivis PMII, Maya sudah aktif di organisasi sejak duduk dibangku Sekolah Dasar (SD). Ia aktif di organisasi pramuka, bahkan sempat menjadi pasukan isitimewa dalam anggota pramuka. Ketika menginjak Sekolah Menengah Pertama (SMP) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA), Maya memilih untuk melanjutkan sekolah yang berbasis salafi modern, yaitu di pondok pesantren Alfalahiyah, Kemuning, Tangerang.

Baca Juga  PB PMII Gelar Tanam 1.000 Pohon di Hulu Sungai Citarum

Selain aktif di organisasi, Maya belajar dan selalu berlatih berdakwah sehingga ia aktif dalam acara-acara peringatan hari besar Islam, seperti acara maulid Nabi dan sebagainya. Bahkan, ia pernah meraih juara 3 dalam lomba dakwah. Karir organisasi Maya, tak berhenti di SMA. Ketika masuk bangku kuliah, Maya memilih aktif di PMII dan masih aktif hingga saat ini. Ia mengaku ilmu yang didapatkan di PMII lah yang bisa membawanya terpilih sebagai duta persahabatan Provinsi Banten.

Tinggalkan Komentar

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *