Kemenaker Stop Pengiriman TKI Informal

JAKARTA – Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) semakin bersikukuh  akan segera memberlakuan penutupan penempatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) sektor informal terutama pada TKI yang menjadi pekerja rumah tangga (PRT). Itikad pemerintah tersebut tergambar pada rapat persiapan penyempurnaan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri, Jumat (13/2) lalu di ruang rapat Ditjen Binapenta Lantai IV A Jln. Jenderal Gatot Subroto Kav. 51 Jakarta Selatan. Sebagaimana diketahui, revisi undang-undang ini telah masuk ke dalam prolegnas DPR RI tahun 2015.

Dirjen Binapenta, Reyna Usman, menyampaikan hasil analisis penempatan tenaga kerja ke luar negeri dan rencana penghentian pengiriman PRT ke luar negeri itu bukan karena PRT dipandang sebagai profesi yg rendah. Tetapi karena sistem hukum dan adat istiadat negara-negara penempatan berbeda dengan kebiasaan serta adat istiadat di Indonesia sehingga tenaga kerja Indonesia harus menyesuaikan dan memiliki kompetensi, pengetahuan serta penguasaan bahasa agar tidak mengalami kesulitan selama bekerja di luar negeri.

Untuk mengantisipasi kemungkinan pengangguran yang timbul akibat penghentian PRT ke luar negeri tersebut, pemerintah akan memperkuat pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja (BLK) serta akan fokus pada pembangunan lapangan kerja di perusahaanperusahaan padat pekerja seperti usaha garmen, tekstil, atau sepatu. Di samping itu, pemerintah mengharapkan masyarakat juga dapat mengikuti program pemberdayaan tenaga kerja berupa padat karya produktif, terapan teknologi tepat guna, dan program wirausaha dari Kemnaker yang telah dialokasikan melalui dana dekonsentrasi dan tugas pembantuan kepada dinas yang membidangi ketenagakerjaan di provinsi dan kabupaten/kota. (FM/TD)

Sumber: naker.go.id

300x250
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someone
Baca Juga  PMII Bekali Mahasiswa Baru Hadapi Perkuliahan

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *