Press "Enter" to skip to content

Kembalikan Ruh Pergerakan, Konfercab PMII Bandung di Pesantren

konfercab pmii bandung

BANDUNG – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia saat ini fokus mengembalikan diri kepada habitatnya. Salah satu habitat PMII adalah pondok pesantren. Oleh karena itu agenda dan kegiatan PMII difokuskan di pesantren.

PC PMII Kota Bandung menyelenggarakan Konferensi Cabang Ke-36 di Pondok Pesantren darut Taubah. Penyelenggaraan kegiatan PMII di pondok pesantren akan memberikan atmosfer dalam pergerakan apapun demi kemajuan Islam. Demikian disampaikan pengasuh pesatren Darut Taubah KH Ahmad Haidar saat pembukaan konferensi cabang (Konfercab) di pesantren setempat, Ahad (7/12).

Kiai Haidar yang juga salah satu pengurus PCNU Kota Bandung ini menilai, kehadiran PMII di pesantren merupakan bukti bahwa putra-putra kandung NU mengapresiasi keberadaan pesantren Darut Taubah. Meskipun letaknya di tengah Saritem yang konon disebut daerah lokalisasi, tapi pemerintah kota Bandung membuktikan daerah ini juga agamis.

Ia juga menyinggung soal hubungan mesra antara PMII dan NU yang terkadang menimbulkan perbedaan persepsi. “Tetapi sekarang dibuka komunikasi yang intensif, insya Allah ke depan hubungannya akan lebih baik,” tegas kiai yang santri-santrinya berasal dari kalangan anak jalanan itu.

Ketua PC PMII Kota Bandung, Taufiq Nurrohim mengatakan, konfercab di pesantren merupakan wujud PMII harus kembali ke asalnya. Karena di pesantren merupakan habitat PMII selain kampus.

Taufiq juga berharap, konfercab bukan hanya agenda rutin tahunan, akan tetapi melahirkan gagasan dan pemikiran untuk kemaslahatan PMII dan bangsa. “Konferensi ini harus bisa melahirkan pemikiran, tulisan dan yang berkualitas, yang dapat menjadi kemaslahatan bagi PMII maupun masyarakat,” jelas Taufiq.

Baca Juga  PC Malang Gelar Dialog "Menyoal Interdependensi PMII-NU"

Tinggalkan Komentar

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *