Kader Mataram Ciptakan Power Bank dari Baterai

MATARAM – Power bank sudah menjadi kebutuhan yang mendesak, hal tersebut untuk menunjang komunikasi dan arus informasi dunia digital saat ini. Menjamurnya power bank di pasaran ternyata tidak mengurangi kreatifitas anak muda Indonesia untuk berinovasi.

Di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Mahasiswa IKIP Mataram berhasil menciptakan power bank berbahan dasar baterai. Muhammad Nur, yang juga ketua kaderisasi komisariat PMII di kampusnya membuktikan bahwa aktifis juga bisa berinovasi.

Mahasiswa kelahiran Sumbawa 21 Maret 1993 dari pasangan Syamsuddin dan Nurmin ini mulai aktif di organisasi Lendiknal (Lembaga Pendidik Profesional) dan ketua rayon PMII Budi Utomo.

Nur, panggilan akrabnya menceritakan kreatifitasnya itu berawal dari tugas kuliah yang diberikan salah seorang Dosen di IKIP Mataram. Ia melihat melihat penggunaan handphone dan gedget yang sangat luar biasa meningkat. Kebanyakan orang hari ini tidak bisa lepas dari yang namanya handphone dan gedget.

Percobaan pertama kemudian dilakukan dengan membuat Catur (Cas Tenaga Surya). Percobaan-percobaan demi percobaan dalam membuat catur ini tetapi kemudian mendapat kendala yakni tenaga yang dihasilkan dari panel surya yang dibuat hanya menghasilkan 2 volt sedangkan dalam pengecasan hp dibutuhkan tenaga sekitar 5 volt.

Gagal bukan berarti menyerah kepada kekalahan melainkan menjadikan itu sebagai referensi untuk percobaan selanjutnya. Mulai dari coba-coba menggantikan tenaga surya dengan tenaga baterai yang kemudian dirangkai dengan rangkaian seri power bank dan itu berhasil dilakukan.(Yas Arman Prayatna/Maq)

300x250
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someone
Baca Juga  Menpora: Pemuda Harus Optimis dan Percaya Diri

Tinggalkan Komentar

Satu tanggapan untuk “Kader Mataram Ciptakan Power Bank dari Baterai”

  1. jika sahabat membongkar isi dari power bank itu sendiri maka yang di dapatkan batrai juga…!! tapi berbentuk kotak ada juga yang bulat ..!! jadi mungkin bisa di katakan modifikasi tempat pengisian daya saja…!!! batrai yang du gunakan juga yaitu batrai yang bisa di isi ulang bukan batrai satu kali pakai…!!! tidak semerta2 juga semua jenis pengisian daya bisa di jadikan alat pengisi daya di power bank jika jalur input di papan sirkuit tidak sesuai dengan jumlah daya atau volt pada batrai yang ingin di gunakan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *