Kader Bandung Manfaatkan Daun untuk Media Kaligrafi

BANDUNG Inovasi dalam seni kaligrafi mengalami perkembangan. Baru-baru ini, kader PMII Kota Bandung melakukan inovasi kaligrafi dengan menggunakan media daun. Dia adalah Ridwan Hidayat, mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Menurutnya, ini bukanlah hal baru, namun hal yang langka. Dia mengaku mulai membuat karya ini sejak Juni 2014 tahun lalu. Terinspirasi ketika sedang melihat pemandangan kebun di depan rumah.

“Di kebun itu terdapat banyak jenis daun, dan warnanya pun beragam. Kemudian muncullah ide itu,” ungkap ridwan yang juga sekretaris PC PMII Kota Bandung ini.

Ridwan menambahkan, tidak semua jenis daun bisa digunakan. Namun hanya daun-daun tertentu saja. “Tidak semua jenis daun bisa digunakan. Daun yang tipis namun kuatlah yang paling bagus digunakan,” lanjutnya.

Menurutnya, kaligrafi adalah tulisan indah. Setiap tulisan yang indah, boleh disebut kaligrafi. Pada umumnya kaligrafi memakai tulisan Arab dan menyampaikan isi Al-Quran atau hadits. Namun bagi dia, tidak sekedar itu, kaligrafi merupakan sebuah karya yang dapat memberikan ruang bagi seniman untuk menyampaikan dan mengekspresikan jiwanya.

“Tidak berbeda dengan lukisan. Jika lukisan menggunakan penggambaran objektif atau abstrak, maka kaligrafi menggunakan penggambaran huruf sebagai media penyampai pesannya,” urai Ridwan.(Maq)

300x250
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someone
Baca Juga  Humor Gusdur

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *