Jadikan Desa Sebagai Basis Swasembada Pangan

JAKARTA – Sebagai negara agraris dengan kekayaan alam yang melimpah ruah, Indonesia ternyata tidak mampu memenuhi kebutuhan pangannya sendiri dan tak ayal lagi, harus mengimpor.

Sehingga, dibutuhkan langkah terobosan menyelesaikan persoalan impor pangan yang selama 10 tahun terakhir ini semakin meningkat. Salah satu terobosan penting adalah menjadikan desa sebagai basis utama swasembada pangan nasional.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDT2) Marwan Jafar menegaskan, masalah swasembada pangan tidak dapat dilepaskan dari urusan desa, karena semua aspeknya terkait dengan desa.

“Mudahnya saja, lahan pertanian adanya di desa, petani tinggal di desa, bendungan dan irigasi juga adanya di desa, distribusinya juga menggunakan jalan desa, hampir semua aspek pangan terkait dengan urusan desa, jadi desa harus dijadikan basis utama swasembada pangan nasional” ujar Menteri Marwan.

Untuk mewujudkan hal ini, desa harus terus diperkuat dan diberdayakan. Besaran dana desa dari pusat dan daerah yang diterima desa tahun ini belum mencapai angka ideal, namun jika dikelola dengan baik bisa menjadi penggerak pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat.(Maq)

300x250
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someone
Baca Juga  Habib Muhammad Luthfi bin Yahya, Ulama Pelayan Umat

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *