Press "Enter" to skip to content

Hilal 2 Derajat, 1 Ramadhan Hari Kamis

SURABAYA – Tim Rukyatul Hilal Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) akan melakukan rukyah di 11 titik di Jawa Timur. Rukyah untuk mennentukan 1 Ramadhan 1436 H ini dimulai pada pukul 17.00 WIB.

Seperti diketahui, untuk menentukan awal bulan Ramadan, NU menggunakan metode perhitungan (hisab) yang disempurnakan dengan melihat hilal (bulan).

“Tapi berdasarkan hisab, saat ini hilal masih berada -2 derajat. Artinya, masih jauh di bawah ufuk. Jika sudah demikian maka bulan Sya’ban akan digenapkan menjadi 30 hari,” kata Saleh, Ketua Tim Rukyah seperti dikutip Okezone, Selasa (16/6/2015).

Ia juga menjelaskan, berdasarkan perhitungan hilal pula irtifak akan terjadi pada pukul 21.00 WIB sehingga saat rukyah nanti hilal tidak bisa dilihat. Kemungkinan, 1 Ramadan akan jatuh pada 18 Juni 2015.

“Jika itu terjadi kemungkinan sama dengan Muhammadiyah yang menggunakan hisab. Tapi, NU melakukan Rukyatul Hilal. Ibarat makanan empat sehat lima sempurna,” tambahnya.

11 titik yang dijadikan tempat rukyatul hilal di antaranya, Pantai Serang (Blitar), Pantai Ambet (Pamekasan), Pantai Gebang (Bangkalan), Tanjung Kodok (Lamongan), Pantai Plengkung (Banyuwangi) dan Pantai Ngliyep (Malang Selatan). Kemudian, Bukit Condro (Gresik), Pasir Putih (Situbondo), Pantai Bangkalan, Pantai Ketapang (Probolinggo) dan Pantai Jeru (Tuban).(Maq)

Baca Juga  Kemenaker Stop Pengiriman TKI Informal

Tinggalkan Komentar

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *