Febby Cyntia, Kader Muda yang Raih Juara Favorit Duta GenRE Nasional 2017

Febby Cyntia
Febby Cyntia

Jepara,- Mahasiswa Universtas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara yang merupakan pengurus dari PIK “PIKIR” Forum Kajian Jender (FKJ) PMII Jepara, Febby meraih Juara Favorit Duta Generasi Berencana (GenRe) Nasional tahun 2017 setelah memeroleh hasil voting like terbanyak dari 136 peserta yang berasal dari 34 provinsi.

Pemilihan Duta GenRe adalah bentuk apresiasi BKKBN kepada para remaja yang aktif dalam kelompok Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja. Setiap tahun dilaksanakan kegiatan pemilihan Duta Genre untuk memilih remaja yang memiliki kompetensi dan karakter yang sangat baik dan akan menjadi motivator untuk menyampaikan pesan-pesan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga. Apresiasi Duta GenRe dan Jambore Ajang Kreativitas Remaja (ADUJAK GENRE) Tingkat Nasional Tahun 2017, diselenggarakan di Kota Padang Panjang Provinsi Sumatera Barat pada 22-27 Oktober 2017.

Pada Malam Penganugerahan Apresiasi Duta GenRE, Kamis malam (26/10/2017) di Institut Seni Indonesia (ISI) Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, Febby berhasil masuk 10 besar finalis Duta GenRE. Namun sayang, langkahnya harus terhenti karena tidak masuk dalam lima besar finalis. Meskipun demikian, Febby tidak pulang dengan tangan hampa, ia berhasil meraih Juara Favorit karena memeroleh like terbanyak melalui video profil yang diunggah oleh panitia melalui akun resmi Duta GenRE Nasional di YouTube.

Pengalaman Organisasi Menjadi Bekal Raih Prestasi

Keberhasilan Febby menorehkan prestasi tidak dapat dilepaskan dari kiprahnya di organisasi. Ia mengawali karir berorganisasinya ketika mengikuti Makesta-Lakmud Komisariat IPPNU MTs – MA NU Banat Kudus (2010-2016). Ia mondok di Pondok Pesantren al Asnawiyah Kudus selama 3 tahun dan Pondok Pesantren Raudhatul Mutaallimat Kudus selama 3 tahun berikutnya. Tahun 2016, gadis yang mempunyai hobi menari ini memilih Unisnu Jepara sebagai tempat studi lanjut dan mulai aktif di organisasi ekstra kampus Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Di PMII, Febby juga aktif di Pusat Informasi dan Konseling (PIK) PIKIR Forum Kajian Jender (FKJ), salah satu badan semi otonom PMII Jepara.

Baca Juga  Tolak BG, PMII Sambangi Mapolres

Melalui gerbong PIK PIKIR FKJ PMII Jepara, Febby mengikuti pemilihan Duta Genre Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kabupaten Jepara dan terpilih sebagai Juara 1 jalur pendidikan kategori putri bersama dengan Muhammad Afrizal Malna sebagai juara 1 kategori putra yang sama-sama aktivis PIK PIKIR FKJ PMII Jepara. Kemenangan dua aktivis itu membuat keduanya mewakili Kabupaten Jepara ada even serupa di tingkat provinsi.

Pada pemilihan Duta GenRE tingkat provinsi, Febby berhasil meraih dua kategori juara sekaligus, yakni Juara 1 Duta GenRE Putri Jalur Pendidikan dan Juara Favorit. Kemenangan tersebut mengantarkan Febby mewakili Provinsi Jawa Tengah pada even serupa di tingkat Nasional. Selama mengikuti pemilihan Duta GenRe, Febby memeroleh bimbingan intensif dari dua Dosen Pembimbing, Santi Andriani dan Hayu Dian Yulistianti, keduanya adalah dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Unisnu Jepara. (am)

300x250
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someone

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *