Press "Enter" to skip to content

Desa Diinstruksi Bangun BUMDes

Marwan Jakfar, Menteri Desa

LAMPUNG – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar mengajak kepala desa untuk menciptakan “gula-gula” di daerahnya agar mengurangi arus urbanisasi. “Desa harus mampu kreatif agar masyarakatnya mampu menciptakan kemandirian,” katanya saat mengunjungi desa tertinggal di Desa Sriwedari, Tegineneng, Kabupaten Pesawaran, Lampung Jumat (5/12).

Saat blusukan ke desa itu, Marwan melihat secara langsung rumah-rumah warga yang tertata baik dan menyapa masyarakat setempat. Kedatangannya Menteri Marwan kali ini, dalam rangka percepatan pembangunan kualitas kesehatan berbasis perdesaan atau perdesaan sehat

Menteri Marwan juga menginstruksikan kepala desa untuk membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sesuai dengan potensi desa masing-masing.  “Saya juga nanti membentuk koperasi di desa. Kita ingin membangun dari desa, menciptakan gula-gula di desa. Jika desanya maju, kita tidak perlu ke Jakarta atau jadi TKI,” ujarnya.

Selain itu, kata Menteri Marwan, tahun depan 5000 desa akan difasilitasi jaringan dan perangkat desa online. “Jadi pak kepala desa, belajarlah komputer agar kita bisa berkomunikasi secara online,” katanya.

Di bagian pidatonya, Menteri Marwan mengatakan bahwa dana desa Rp 1,4 miliar diperkirakan mulai cair pada April tahun depan. Karena itu, ia meminta aparatur desa menyiapkan diri. “Kami minta aparatur desa mulai siap-siap. RPJMDes harus disiapkan,” katanya.

Kesiapan desa akan memengaruhi pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan desa. Pemerintah juga, kata Menteri, akan menyiapkan tenaga pendamping desa untuk mengawal dan membantu implementasi dana desa. “Nanti para pendamping ini akan memberikan asistensi dalam proses pembangunan desa mulai dari perencanaan, pembangunan, hingga pelaporannya,” kata Marwan.

Menteri Marwan secara simbolis menyerahkan bantuan sosial di kabupaten itu sebesar Rp. 10 miliar. Bantuan itu antara lain berupa alat kesehatan, Pembangkit Listrik Tenaga Surya, kapal feeder, dan bantuan penguatan kapasitas masyarakat serta lembaga kesehatan.

Baca Juga  Jadikan Desa Sebagai Basis Swasembada Pangan

Tinggalkan Komentar

One Comment

  1. setiawa setiawa 13 December 2014

    salam kenalbagus webnya. Dantulisannya memberiwawasan, saya , semoga terus di posting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *